Categories
halal tour Turki

Jejak kesultanan Utsmani di kaki Gunung Uludağ.

Kota Bursa mengingatkan kita pada miniatur Kesultanan Utsmani, yang didirikan di atas kaki Gunung Uludağ. Ke mana pun Anda berpaling, Anda akan melihat sebuah penginapan bersejarah, madrasah atau masjid yang dibangun berabad-abad yang lalu. Bursa juga mempunyai julukan lain yaitu ‘Green Bursa’, karena dengan keindahan alamnya.

Kota Bursa adalah kota keempat yang paling ramai di Turki, Anda tidak akan menemukan orang yang berbondong-bondong dari satu tempat ke tempat lain. kota ini tersusun rapi, dimana bangunan bersejarah dan modernnya berdiri berdampingan. sehingga Bursa menjadi salah satu destinasi wajib kita kunjungi ketika mengunjungi Turki.

  • Gölyazı
Posisi Gölyazı

Gölyazı, sebuah desa yang terletak di sebuah pulau kecil di Danau Ulubat. Satu-satunya koneksi darat desa ke daratan utama adalah jembatan yang memungkinkan lalu lintas mobil. Di wilayah tersebut, terdapat pohon berukuran besar tepat di tengah-tengah desa dengan sepotong marmer di bawahnya. Marmernya memiliki noda beberapa tetes merah menurut legenda merupakan kisah orang Yunani dan Turki. yaitu kisah Mehmet Turki dan Yunani Eleni jatuh cinta tetapi kandas karena permusuhan antara kedua negara. tetesan merah pada marmer dikatakan sebagai sisa-sisa air mata berdarah pohon itu.

  • Mosque With 20 Domes
Grand Mosque of Bursa/Mosque With 20 Domes

Merupakan landmark paling penting di kota. Menjadi landmark ikonik kota sejak hari pertama kali ditugaskan oleh Ottoman Sultan Bayezid I. Masjid, dibangun setelah Pertempuran Nicopolis, memiliki cerita yang menarik. Menurut sebuah legenda, Sultan Bayezid I meminta para arsiteknya untuk membangun 20 masjid di Bursa, tetapi para arsitek percaya itu akan terlalu banyak dan sebagai gantinya memutuskan untuk membangun satu masjid dengan 20 kubah

  • Green Mausoleum

Green Mausoleum , merupakan tempat peristirahatan terakhir Sultan Mehmet I dan keluarganya. Dianggap sebagai keajaiban arsitektur dari periode Turki. Ubinnya yang penuh warna dan dirancang sangat luar biasa; ditutupi dengan ubin pirus yang dibangun pada tahun 1421 oleh arsitek Hacı İvaz Pasha. Dinding bagian dalam makam dan ceruk dihiasi dengan teknik pelapisan pertama dari ubin periode itu. Ubinnya dibuat oleh seniman Mehmet Mecnun.

Selain landmark yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi tempat yang di kunjungi. dan Turki menjadi salah satu destinasi wajib bagi kita yang ingin menelusuri kejayaan kesultanan ustmani. atau sekedar merasakan berwisata ke dua benua (Asia & Eropa). Maka cukup dengan mengikuti Festival Tulip Turki Bersama Mitra Wisata Mandiri di setiap bulan april selama sepuluh hari. Tertarik? silahkan kontak kami disini

sumber:Dailysabah,dll dengan berbagai ubahan (fthykn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *