Categories
halal tour umroh

Pasar Nabi

Seperti yang kita ketahui dalam siroh. ketika Nabi Muhammad ﷺ Hijrah ke madinah, nabi membuat pasar atau Souq, karena kondisi saat itu pasar yang sudah ada di madinah di kuasai oleh yahudi, dan nabi ingin membangun perekonomian ummat sesuai syariat, maka saat itu dibuatlah pasar yang hanya terdiri dari sebuah tenda di tempat yang bernama Baqi Az Zubair. yang letaknya dekat pasar ka’ab bin ashrof, salah satu pemimpin yahudi bani nadhir. namun tidak bertahan lama karena di hancurkan oleh ka’ab bin ashrof.

Mendengar kabar seperti itu, Nabi ﷺ berkonsultasi dengan beberapa sahabat, dan berkata ” aku akan membuat pasar yang membuat kaum yahudi lebih marah lagi “. Akhirnya disepakati untuk membuat pasar yang baru yang letaknya tidak berjauhan dengan rumah sahabat Sa’ad bin Ubadah Radhiallahu’ Anhu . Pasar inilah yang kemudian pada zaman turki utsmani di sebut pasar manakhoh atau Souq Al Mankhoh, pasar yang hingga saat ini masih utuh berdiri bersama dengan gedung – gedung modern lainnya.

Souq Al-Manakhah, terletak di barat daya Masjid Nabawi, dekat pintu 7-8 . Sesuai perintah Nabi bahwa pasar ini tidak boleh dibangun. Maka Saat perluasan wilayah – wilayah di sekitar pasar ini , Souq Al-Manakhah dibiarkan apa adanya, Tampilan barang sesuai dengan cara tradisional dalam praktik selama berabad-abad. dan dalam upaya untuk menjaga sifat tradisional dari pasar bersejarah ini, sebuah komite menetapkan 1.000 tempat untuk pedagang asongan dan memberi mereka kartu identitas khusus yang memungkinkan mereka mendapat manfaat dari lokasi tertentu.

Maka tidak ada salahnya, Berkunjung ke Souq Al-Manakhah, saat kita berada di Madinah. Pasar Wakaf, yang menjadi saksi munculnya perekonomian umat, dan meruntuhkan dominasi yahudi pada saat itu.

sumber: alfatih.tv,saudigazette dll. ( fthykn )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *