Categories
Uncategorized

Cara Mudah Vaksin Meningitis

Tahukah Kita, bahwa vaksinasi meningitis merupakan persyaratan mutlak bagi semua calon jemaah haji dan umrah, serta seluruh pelaku perjalanan yang akan memasuki kawasan Kerajaan Arab Saudi. Pemberian vaksin dilakukann maksimal dua minggu sebelum keberangkatan, karena efektifitas vaksin mulai terbentuk 10-14 hari setelah pemberian. etelah memperoleh vaksinasi Meningitis, barulah calon jemaah umrah akan diberikan kartu International Certificate of Vaccination (ICV) sebagai syarat memperoleh izin visa dari Pemerintah Arab Saudi. ICV ini dikenal juga sebagai kartu kuning. 

Apa itu Meningitis?

Meningitis itu sendiri merupakan radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut sebagai meningen. Radang dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau juga mikroorganisme lain, dan walaupun jarang dapat disebabkan oleh obat tertentu. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis.

Bagaimana cara suntik vaksin meningitis?

Suntik meningitis dapat dilakukan oleh jamaah umroh atau haji dengan datang langsung ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang tersebar di kota — kota Indonesia. Pelayanan suntik meningitis diselenggarakan pada hari Senin — Jumat, dari jam 08.00 — 15.00. Pendaftaran dimulai jam 07.30. untuk daerah jakarta dan sektiarnya kami rekomendasikan di KKP Tanjung Priok.

Syarat Vaksinasi adalah Mengisi Formulir dan melampirkan Foto Copy Pasport/KTP. Berikut adalah alur yang ditetapkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) :

  • Ambil nomer antrian.
  • Jemaah datang dan mengisi formulir yang telah disediakan.
  • Melengkapi daftar formulir dengan melampirkan fotokopi paspor/KTP 1 lembar.
  • Kemudian formulir yang sudah diisi dan dilengkapi di Letakkan dalam kotak yang telah disediakan.
  • Selama data diproses, jemaah dipersilahkan menunggu diruang tunggu yang telah disediakan sampai yang bersangkutan dipanggil.
  • Saat nama dipanggil oleh petugas, yang bersangkutan (jemaah) masuk kedalam ruang vaksin untuk di lakukan vaksinasi.
  • Setelah vaksinasi, jemaah kembali menunggu panggilan untuk pengambilan foto barcode ICV.
  • Proses vaksinasi selesai, jemaah bisa pulang dengan membawa buku ICV / kartu Kuning.

Biaya untuk suntik meningitis adalah Rp. 305.000. Selain di KKP Tanjung Priok, Calon Jamaah Umroh bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi meningitis di RS Persahabatan Rawamangun, KKP Halim Perdana Kusumah, dan RS Pusat Otak Nasional (PON).

sumber : kompasiana.com/umrohnesia, depkes.go.id dengan berbagai perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *