Categories
Uncategorized

Doa & Dzikir Saat Wabah

Siapa yang tidak kenal imam ibnu hajar Al Asqolani. Ulama Abad ke-9 Hijriyah, karya-karyanya yang terkenal di antaranya Bulughul Maram, Fathul Bari. Ternyata beliau juga menulis sebuah kitab tentang wabah thaun yang berjudul Badzlu al Maun Fi Fadhli al Thaun (بذل الماعون في فضل الطاعون)

imam Ibnu Hajar menulis kitab ini di tengah wabah thaun melanda, dimana saat itu ketiga putrinya meninggal karena terkena wabah thaun, bahkan salah satu putrinya byang bernama Zein meninggal terkena thaun dalam kondisi hamil.

dalam kitabnya beliau mengatakan bahwa rata-rata thaun yang terjadi di negeri muslim mulai terjadi di musim semi dan berakhir di awal musim panas.

Belajar dari Sejarah Wabah & Musibah di Masa Silam

Pada Zaman Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah Terjadi Gempa di Masa pemerintahannya, kemudia beliau mengirimkan surat kepada para gubernurnya : sesungguhnya gempa ini adalah sesuatu yang di pakai oleh allah untuk menegur kita, maka lakukan setidaknya dua hal , pertama perbanyak membaca doa-doa para nabi dan yang kedua mengeluarkan shodaqoh

Imam Syafii juga Pernah Berkata “Aku belum pernah melihat, ada yang lebih bermanfaat untuk menghindari dari wabah adalah tasbih”.

berikut beberapa doa & Zikir yang dapat di wiridkan saat wabah :

  • Doa Nabi Yunus – Al Anbiya’: 87-88 :

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505)

  • Doa Nabi Musa – Surat Al-Qasas Ayat 16 :

قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku”

  • Doa Nabi Nuh – Surat Hud Ayat 47 :

وَإِلَّا تَغْفِرْ لِى وَتَرْحَمْنِىٓ أَكُن مِّنَ ٱلْخَٰسِرِين

“Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi”

  • Doa Nabi Adam – Surat Al Araf Ayat 23 :

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

kita juga bisa menambahkan doa & zikir pagi petang. Mudah-mudahan bermanfaat.

Wallahu Alam Bishawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *